Anjuran 15 Makanan untuk Asam Lambung Untuk Meredahkan Bila Naik Tinggi

Asam lambung yang berlebihan dan makanan yang salah dapat memicu gejala maag kumat, seperti perut kekenyangan, sakit perut dan mulas. Namun, ada beberapa macam makanan untuk asam lambung yang dapat dikonsumsi dengan aman, ketika penyakit akan kumat.

Makanan untuk asam lambung pertama yaitu buah-buahan seperti pisang dan apel. Pisang mengandung zat natural yang membantu menetralkan asam lambung dan melapisi dinding lambung, walaupun apel mempunyai serat yang bagus untuk pencernaan dan dapat melindungi lambung dari kerusakan.

Selain itu, makanan rendah lemak seperti slot online 777

ikan bakar atau ayam tanpa kulit juga dapat membantu meredakan maag. Lemak jenuh yang tinggi dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan, sementara makanan rendah lemak membantu mengurangi risiko ini.

Dengan mengamati macam makanan yang dikonsumsi, kita dapat membantu meredakan gejala maag ketika kumat. Namun, setiap orang mempunyai sensitivitas yang berbeda, jadi penting untuk mencoba dan mengenal makanan mana yang paling cocok untuk mengurangi gejala maag secara individual. Berikut ini makanan untuk asam lambung yang rangkum dari pelbagai sumber, Rabu (22/5/2024).

  1. Roti

Pengidap asam lambung masih dapat mengonsumsi roti, namun penting untuk memilih macam roti yang tepat. Ragam roti yang disarankan yaitu yang terbuat dari gandum utuh atau yang mengandung biji-bijian. Roti gandum utuh kaya akan kandungan vitamin, serat dan nutrisi yang amat bagus untuk kesehatan lambung. Serat yang tinggi dalam roti gandum membantu melancarkan pelaksanaan pencernaan dan dapat mengurangi gejala asam lambung. Selain itu, roti gandum juga mempunyai indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan roti putih, sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah konsisten stabil, yang juga bermanfaat bagi kesehatan lambung secara keseluruhan.

  1. Pepaya
    Makanan untuk asam lambung selanjutnya yaitu pepaya, yang tak hanya dikenal sebagai pencahar natural, namun juga amat tepat sasaran dalam meredakan gejala gangguan asam lambung. Manfaat ini terpenting berasal dari enzim papain yang terkandung dalam buah pepaya. Enzim papain bekerja dengan mencerna protein di dalam lambung, membantu meringankan beban kerja lambung dan meredakan gejala asam lambung ketika terjadi kekambuhan. Selain enzim papain, pepaya juga kaya akan serat dan air, yang keduanya amat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan vitamin C dalam pepaya juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan lambung dan mencegah peradangan.
  2. Yoghurt
    Yoghurt, walaupun mempunyai rasa yang sedikit asam, yaitu salah satu makanan yang amat bermanfaat untuk pengidap asam lambung. Kandungan probiotik dalam yoghurt membantu menyeimbangkan mikrobiota lambung dan dapat menetralisir gejala yang muncul pengaruh asam lambung. Probiotik yaitu bakteri bagus yang dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan membantu melawan bakteri jahat yang dapat menyebabkan infeksi dan gangguan pencernaan.

Proses fermentasi pada yoghurt mewujudkan prebiotik yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan lambung. Sebuah studi yang berjudul “Gastric microbiota in the functional dyspepsia patients treated with probiotic yogurt” yang dipublikasikan dalam BMJ Open Gastroenterology, menemukan bahwa yoghurt yang mengandung prebiotik dapat membantu menuntaskan gejala asam lambung. Meskipun penemuan ini amat menjanjikan, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk menganalisis mikrobiota lambung, dan memahami mekanisme yang mendasari efek positif tersebut secara lebih mendalam.

  1. Ikan
    Ikan yaitu salah satu makanan untuk asam lambung yang amat disarankan, sebab mempunyai kadar asam dan lemak yang rendah. Beberapa macam ikan yang amat bagus untuk dikonsumsi antara lain salmon, gurame, lele, tongkol dan sarden. Ikan-ikan ini tak hanya rendah asam, namun juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan jantung.

Namun, penting untuk mengamati sistem pengolahan ikan supaya konsisten aman bagi pengidap asam lambung. Sebaiknya ikan dimasak dengan sistem dipanggang, dikukus, atau direbus, dan tak menggunakan terlalu banyak bumbu pedas atau asam. Menggoreng ikan semestinya dihindari sebab kandungan minyak dalam makanan gorengan dapat memicu naiknya asam lambung dan memperburuk gejala. Selain itu, minyak goreng yang dipakai dalam penggorengan dapat mewujudkan lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan jantung dan pencernaan.

  1. Apel
    Buah apel yaitu salah satu makanan yang amat disarankan untuk pengidap asam lambung. Apel kaya akan serat, serta yaitu sumber kalsium, kalium dan magnesium yang bagus. Serat dalam apel membantu memperlancar pelaksanaan pencernaan, dan dapat meredakan gejala asam lambung dengan menetralisir asam yang berlebih di lambung. Gizi seperti kalsium, kalium dan magnesium juga penting dalam menjaga keseimbangan elektrolit dan fungsi otot, termasuk otot-otot di sistem pencernaan. Namun, ada bagusnya untuk memilih apel yang berwarna merah atau kuning, sebab apel hijau cenderung mempunyai rasa yang lebih asam, yang dapat memicu atau memperburuk gejala asam lambung. Apel merah dan kuning mempunyai rasa yang lebih manis dan lebih gampang diterima oleh lambung yang peka. Selain itu, apel juga dapat diolah menjadi jus atau saus apel tanpa tambahan gula untuk macam konsumsi yang konsisten menyehatkan.