Beberapa Tempat Kuliner Halal Di Medan Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Jalan-jalan ke Medan tidak lengkap tanpa menjajal kulinernya. Jika kamu melacak kuliner Medan halal, jangan khawatir, kota ini memiliki banyak pilihan makanan enak dan juga murah. Mulai dari hidangan berat hingga santapan ringan dan lebih-lebih jajanan manis, kuliner halal Medan sesuai kamu jadikan menu makan yang lezat.

1. Lonong Medan

Lontong Medan mampu jadi menu sarapan yang gurih sekaligus mengenyangkan sementara kamu di Medan. Makanan ini adalah variasi ketupat sayur dan terdiri dari lontong, mi atau bihun, tauco, ikan teri, dan bumbu kacang, lantas disiram bersama dengan kuah santan yang agak pedas. Makanan pendampingnya mampu berupa telur sbobet login rebus, kerupuk, perkedel, atau sambal tempe.

Lontong Kak Lin di Jalan Teuku Cik Ditiro adalah tidak benar satu tempat harus untuk makan lontong Medan. Ciri khasnya adalah tambahan sedikit bumbu pecel di kuah agar rasanya lebih gurih. Lontong Kak Lin membuka sejak pukul 07:00 pagi agar sesuai untuk sarapan atau makan siang.

2. Soto Medan

Soto Medan sesuai buatmu yang senang soto berkuah pekat. Kuahnya terbuat dari santan kental yang kaya rempah, sedangkan isinya berupa daging ayam atau sapi, perkedel, bihun, tauge, potongan tomat, dan telur rebus. Kamu mampu menikmati soto Medan untuk sarapan atau makan siang.

RM cahaya Pagi di Jalan Sei Deli adalah tempat ikonik untuk makan soto di Medan. Kamu termasuk mampu mencicipi sensasi makan soto Medan bertabur udang di Soto Kesawan di Jalan Ahmad Yani.

3. Rujak Kolam

Pecinta rujak mampu mencicipi rujak kolam, jajanan segar yang telah ada di Medan sejak tahun 1950-an. Namanya berasal dari kolam di Taman Sri Deli, tempat wisata bersejarah di mana para penjaja rujak ini menjadi berdagang. Penjual rujak kolam sementara ini masih mampu kamu temukan di dekat Taman Sri Deli, tidak jauh dari Masjid Raya Al-Mashun.

Kuliner Medan halal ini serupa bersama dengan rujak pada umumnya. Bumbunya diberi taburan kacang agar lebih gurih. Rujak kolam terdiri dari buah-buahan yang telah lazim layaknya pepaya, bengkuang, nanas, jambu, mangga, dan belimbing. Akan tetapi, penjaja rujak kolam biasanya memberi tambahan potongan pisang muda.

4. Mie Balap

Bikin kenyang dan tidak mahal meriah, mie balap ada di hampir tiap-tiap sudut Kota Medan. Namanya berasal dari metode memasaknya yang keluar cepat, seolah penjualnya sedang “balapan”. Mie balap biasanya terbuat dari mie telur biasa berukuran agak tebal, kwetiaw, atau bihun, dan ditumis cepat bersama dengan bersama dengan telur, sayuran, bawang, dan daun bawang.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Pacaran yang Romantis di Jakarta

Mie balap adalah kuliner Medan halal yang ada di gerobak dorong, kedai sederhana, maupun restoran keluarga. Kamu mampu menikmatinya untuk sarapan atau makan siang. Porsinya biasanya besar agar sesuai sebagai sumber daya sebelum kamu jalan-jalan keliling kota. Mie Balap Krakatau di Jalan Krakatau dan Mie Balap Seafood 88 di Jalan Adam Malik adalah perumpamaan tempat makan mi balap paling terkenal.

5. Sate Memeng

Sate Memeng adalah sate ciptaan H. Muhammad Saimin, pemilik kedai Sate Memeng yang telah menjual racikannya sejak tahun 1945. Kedainya kini berlokasi di Jalan Irian Barat, bersama dengan jam membuka dari pukul 18:00 hingga 21:00. Satenya terlalu laris dan cepat habis, jadi pastikan kamu datang sesegera mungkin kecuali ingin mencicipinya!

Ciri khas sate Memeng adalah potongan daging yang lebih besar dari sate umumnya. Bumbunya punya kandungan rempah agar rasanya kaya dan menyerap ke dalam daging. Selain daging sapi, sate Memeng termasuk dibikin bersama dengan daging ayam, usus, dan hati ayam.

6. Kolak Durian

Penggemar durian tentu tidak asing bersama dengan kelezatan durian Medan. Selain dimakan langsung, durian jadi bahan utama kolak durian. Di Medan, kolak durian biasanya dimakan dingin, sesuai untuk menghadapi hawa Kota Medan yang cenderung panas. Kolak durian terdiri dari campuran santan, gula aren, kolang-kaling, cincau hitam, ketan putih, dan durian.

Kolak durian tidak hanya murah, tapi termasuk ringan didapat. Penjual kolak durian biasanya menjual dagangan di gerobak atau warung sederhana. Area di lebih kurang Jalan Doktor Mansyur (dekat Universitas Sumatera Utara), misalnya, adalah tidak benar satu tempat tenar untuk mendapatkan kolak durian ala Medan. Kamu termasuk mampu menemukannya bersama dengan ringan selama bulan puasa.

7. Kari Bihun

Perpaduan bermacam kebiasaan kuliner tampak memahami dari kari bihun, hidangan kaya rempah yang terdiri dari bihun bercampur kuah kari ala India. Pilihan karinya mampu berupa daging sapi atau ayam, lengkap bersama dengan potongan kentang rebus yang mengakibatkan kari bihun makin mengenyangkan. Bumbu kuahnya terdiri dari lebih kurang 10 rempah yang membuatnya kaya rasa.

Rumah Makan Tabona adalah tidak benar satu tempat makan kari bihun tenar di Medan. Berlokasi di Jalan Mangkubumi, RM Tabona telah menyajikan kari bihun sejak tahun 1975. Kari di kedai ini tenar gara-gara menggunakan ayam kampung, daging sapi empuk, dan kaldu tulang ayam sebagai bahan dasarnya. Ada termasuk pilihan kari babat dan kikil yang dijamin enak dan juga halal.

8. Mi Gomak

Penggemar masakan pedas harus cobalah mi gomak. Kuliner Medan halal ini terdiri dari mi lidi tebal yang dimasak bersama dengan kuah santan berwarna kekuningan. Yang mengakibatkan mi gomak asli istimewa adalah pemanfaatan andaliman, bumbu yang sering disebut sebagai “merica batak”. Andaliman aslinya berupa bulat hijau kecil-kecil, tapi banyak orang pilih belanja bumbu andaliman siap menggunakan yang telah dihaluskan.

Ciri khas andaliman adalah rasa pedas unik yang sedikit getir sekaligus manis di lidah. Hasilnya, rasa pedas mi gomak berbumbu andaliman tidak serupa dari mi yang dimasak bersama dengan cabai dan juga merica biasa. Warung mi gomak mampu kamu temukan di dekat pasar dan tempat publik tenar lainnya. Selain mi gomak versi kuah, ada termasuk versi yang digoreng dan di sajikan bersama dengan sambal kacang.

9. Teh Susu Telur

Tradisi minum teh susu telur termasuk ada di Medan. Minuman hangat penambah tenaga ini terdiri dari campuran teh pekat, susu, dan kuning telur. Teksturnya kental bersama dengan rasa manis yang tepat agar tidak menjadi “eneg”. Teh susu telur biasanya di sajikan di kedai-kedai minuman yang menjual makanan ringan hingga berat.

Salah satu tempat paling tenar untuk menikmati teh susu telur (“TST”) adalah TST Pak Haji. Berlokasi di Jalan Puri, TST Pak Haji tenar sebagai tempat nongkrong dan mengobrol. Kedai ini membuka dari pukul 17:00 hingga sedang malam dan menjual bermacam kuliner Medan halal, misalnya roti canai, martabak, nasi goreng, dan sate Padang.