CARA MENGHINDARI & MENGATASI KEMACETAN DI MUSIM LIBURAN

Musim liburan identik dengan kondisi jalanan yang macet karena ada banyak orang ingin melakukan perjalanan wisata. Nah, agar Anda bisa terhindar dari kondisi tersebut, simak cara mengatasi kemacetan lalu lintas di jalanan berikut ini.

Seperti yang kita tahu, momen Natal, tahun baru, atau lebaran seringkali dijadikan waktu untuk berlibur oleh banyak orang. Hal tersebut pada akhirnya membuat kondisi lalu lintas menjadi lebih padat dari hari-hari biasa. Jika pihak Korlantas Polri tidak melakukan langkah-langkah antisipasi untuk mengatur lalu lintas, maka jumlah kendaraan yang berada di jalanan akan menumpuk sehingga menimbulkan kemacetan yang panjang.

Oleh karena itu, pihak Korlantas Polri pada umumnya akan mengatur beberapa skema atau cara untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Cara Mengatasi Kemacetan di Jalan

1. Contra flow

Cara mengatasi kemacetan lalu lintas yang pertama adalah dengan menerapkan rekayasa lalin bernama contra flow. Secara garis besar, rekayasa lalin contra flow ini akan mengubah arah normal arus kendaraan pada suatu jalan menjadi melawan arus.

Sebagai contoh, jalan raya menunjukkan kondisi di mana lajur jalan ke arah timur mengalami kemacetan sedangkan lajur ke arah barat masih sangat lenggang. Untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di lajur ke arah timur, maka sebagian lajur jalan ke arah barat akan diubah ke arah timur sehingga kepadatan kendaraan dapat diurai.

Pada saat libur nataru yang lalu, penerapan rekayasa lalin contra flow diberlakukan secara situasional. Jika jumlah kendaraan di jalan tol melebihi 2.500 dalam 1 jam di jalur tol maka akan diberlakukan contra flow 1 lajur.

2. One way

Rekayasa lalin one way juga sering dipergunakan untuk mengatasi kemacetan di jalanan. Rekayasa lalin ini akan mengubah jalur lalu lintas yang tadinya dua arah menjadi satu arah. Berbeda dengan contra flow yang hanya akan menggunakan sebagian lajur jalan raya, sistem one way ini akan memanfaatkan semua lajur menjadi satu jalur searah untuk mengurangi kemacetan.

Nah, skema one way di musim libur nataru yang lalu juga diterapkan secara situasional. Saat jumlah kendaraan di jalan tol lebih dari 6000, maka sistem one way akan dipergunakan dengan memanfaatkan 2 lajur.

3. Ganjil genap

Ganjil genap adalah rekayasa lalin yang mengacu pada angka belakang plat nomor mobil. Di hari dengan tanggal ganjil, maka kendaraan dengan plat nomor ganjil saja yang diperbolehkan melewati suatu daerah/jalan dan ketika tanggal genap maka kendaraan dengan plat nomor genap saja yang diperbolehkan untuk lewat.

Perlu diketahui bahwa Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta beserta Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya sudah menyepakati penentuan plat ganjil atau genapnya mengacu pada satu angka yang ada di belakang. Sebagai contoh, mobil dengan plat B 1234 akan digolongkan sebagai kendaraan dengan plat genap.

Tips Menghindari Kemacetan Lalu Lintas untuk Para Pengguna Jalan

Selain mengikuti arahan dari pihak petugas lalu lintas, Anda juga bisa mengikuti beberapa tips berikut agar perjalanan Anda bisa berjalan dengan lancar. Berikut kami sediakan beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Rencanakan perjalanan Anda

Agar terhindar dari kemacetan maka Anda harus merencanakan perjalanan Anda dengan sebaik mungkin. Sebagai contoh, Anda bisa melakukan mapping perjalanan untuk menghindari titik rawan macet dan mencari rute alternatif yang bisa dilalui saat berangkat ataupun saat kembali. Cari tahu juga rest area yang akan dikunjungi untuk beristirahat, info terkait SPBU yang akan dilewati, dan lain-lain agar perjalanan bisa berjalan dengan lebih lancar.

Selain itu persiapkan juga saldo e-toll dan isi full bahan kendaraan Anda. Sediakan juga makanan, snack, dan minuman secukupnya sebagai langkah antisipasi jika kemacetan panjang tidak bisa dihindari dan di lokasi sekitar sulit mencari tempat makan atau minimarket.

2. Manfaatkan CCTV jalan raya

Untuk menghindari jalan raya dengan kondisi lalu lintas yang padat, Anda juga bisa memanfaatkan CCTV jalan raya yang bisa dipantau secara real time. Perlu Anda ketahui, saat ini sudah ada beberapa website dengan layanan live streaming yang menunjukkan hasil tangkapan kamera CCTV di sejumlah rute. Dengan memanfaatkan layanan tersebut, Anda bisa memantau kondisi lalu lintas terkini dari layar smartphone.

Berikut beberapa contoh website yang bisa Anda akses untuk memantau kemacetan lalu lintas:

  • rttmc.dephub

  • lewatmana

  • atcs-dishub.bandung

  • dishub.cirebonkota

  • cctv.jogjakota

3. Pahami dan hindari puncak kepadatan lalu lintas

Untuk menghindari kemacetan, ada baiknya jika Anda terus mencari informasi terkait puncak kepadatan lalu lintas. Dengan demikian, Anda bisa menghindari kemacetan dengan tidak melakukan perjalanan di waktu-waktu tersebut.

Baca Juga : Resep Gudeg Jogja yang Sedap Ngangeni

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi dan menghindari kemacetan lalu lintas. Dengan mengikuti arahan dari para petugas lalu lintas dan mempersiapkan perjalanan sebaik mungkin, maka peluang untuk terhindar dari kemacetan akan menjadi lebih besar. Diharapkan para pengguna jalan raya juga bisa selalu tertib mengikuti rambu-rambu lalu lintas yang sudah disediakan serta mempersiapkan kendaraan agar memiliki performa optimal saat dipergunakan. Dengan begitu Anda bisa menikmati perjalanan wisata dengan nyaman dan aman.