Jangan Lupa Berburu Masakan Ini Ketika Berkunjung ke Dieng Plateau

Berkunjung ke Dieng Plateu belum komplit jika tak mencoba masakan ini. Apa saja? Ini dia anjuran masakan sekitar Dieng Plateau yang kian melengkapi destinasi liburanmu.

Dieng Plateau dengan estetika alamnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik lokal sampai mancanegara.

Temperatur Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo yang ekstrem memunculkan fenomena embun beku. Menikmati pemandangan alam Dieng Plateu dengan hawa dinginnya paling nikmat sambil menyantap makanan khas Wonosobo ini.

  1. Kentang Goreng ala Dieng

Tau ngga sih? Dieng yaitu spaceman pragmatic salah satu daerah penghasil kentang terbaik loh di Indonesia.

Kentang Dieng sudah melanglangbuana sampai ke mancangara. Kualitas kentang dan daya tahannya lebih baik dari daerah lainnya.

Karena kadar air dari kentang Dieng ini rendah karenanya tak busuk. Selain itu kandungan karbohidrat dan gulanya juga rendah.

Padahal kentang goreng sudah amat maistream, melainkan kau patut coba kentang goreng khas Dieng ini. Apalagi menyantapnya sambil menikmati pemandangan alam yang dijuluki \\”Negeri Para Dewa\\” ini.

  1. Mie Ongklok

Jikalau di Bandung ada Mie Kocok, di Manado ada Mie Cakalang, Wonosobo juga punya hidangan mie khas daerah, yaitu Mie Ongklok.

Mie ini mempunyai kuah kental karena kuah diberikan campuran tepung kanji. Menurut sejarahnya, Mie ini diberikan nama Ongklok karena sistem masaknya yang dicelupkan (diongklok-ongklok) ke dalam rebusan air.

Mie Ongklok juga kian khas dengan kuah sambel kacangnya dan hidangan sate sebagai pelengkap.

Di tengah hawa dingin yang bertiup, Mie Ongklok yang diberi tahu hangat amat sesuai untuk dinikmati di tengah udara dingin Dieng yang bertiup kuat.

  1. Tempe Kemul

Salah satu camilan khas Wonosobo yang patut kau coba yaitu tempe kemul.

Tempe ini disebut tempe kemul lantaran tempe yang digoreng diberikan kemul (selimut) berupa tepung yang cukup lebar dan tebal.

Tempe ini juga mempunyai warna kuning yang menarik hati karena diberikan campuran kunyit sebagai bumbu.

Tempe kemul juga berisi potongan daun-daun kucai yang makin membuat tempe ini nampak kian lezat.

Menyantap lezatnya tempe kemul yang khas tentunya bakalan makin nikmat di tengah udara dingin yang bertiup di Dieng Plateau.

  1. Manisan Carica

Carica yaitu manisan khas Dieng yang sering kali diwujudkan oleh-oleh. Carica ini nama buah yang termasuk ke dalam rumpun pepaya.

Bentuk buah carica serupa dengan pepaya melainkan ukurannya lebih kecil. Rasa buah ini agak masam dan bertekstur kenyal.

Di Indonesia, carica cuma dapat ditemui di Gunung Dieng. Di lereng gunung itu malahan tak seluruh daerah sesuai ditumbuhi pohon ini. Semakin ke bawah, kian sulit tumbuh.

Karenanya dri itu, jika datang ke Dieng kau patut mecoba oleh-oleh khas Dieng yang satu ini.