Makanan Khas Pakistan Kaya Rempah, Rekomendasi Terbaik Untukmu!

biryani

Pakistan adalah salah satu negara di wilayah Arab yang kondang sebagai destinasi wisata mancanegara. Tidak cuma itu, kuliner asli negara Pakistan juga kabarnya luar biasa sedap! Mau mengetahui apa saja misal makanan khas Pakistan yang kondang di negeri itu? Bacalah artikel ini agar anda lebih paham garansi kekalahan!

Sekilas, kuliner asli dari negeri ini nampak serupa dengan banyak variasi makanan yang umum anda temukan di negara-negara Semenanjung Arab. Ternyata, kuliner tradisional yang tersedia di Pakistan punyai keunikan tersendiri, yang dapat anda menikmati selagi berlibur ke negara ini.

1. Haleem

Pertama, kami akan membaca tentang makanan khas Pakistan bernama haleem yang wujudnya mirip sup krim atau bubur. Hidangan ini perlu bahan utama berbentuk beras bulgur berasal dari Timur Tengah dan kacang lentil berwarna kuning.

Bumbu untuk memasak haleem tidak benar-benar rumit; cukup saja bawang putih, bawang bombay, kaldu penyedap, dan garam. Tergantung berasal dari resepnya, ada haleem yang manfaatkan sayuran atau cabai sebagai bahan pelengkap.

2. Tikka

Siapa di pada kamu yang bahagia kuliner berasal dari daging ayam? Di Pakistan, ada hidangan bernama tikka yang terbuat berasal dari daging ayam bersama bumbu saus spesial. Bahan saus tersebut tidak cukup lebih yakni jahe, cabai, kunyit, dan adas.

Ada dua jenis tikka yang dapat kamu temukan, pertama adalah tikka yang menyerupai chicken steak bersama kecap manis. Sementara itu, jenis tikka yang ke dua ialah tikka masala bersama saus kari yang sama chicken katsu berasal dari Jepang.

3. Aloo Keema

Inilah makanan khas Pakistan yang banyak ada di negeri itu, yakni aloo keema yang bentuknya sama bersama lasagna. Hanya saja, hidangan ini manfaatkan daging kambing cincang sebagai bahan bakunya, bukan pasta atau mie.

Baca Juga: Perbedaan Ramen dan Ramyeon yang Perlu Kamu Tahu
Selain itu, aloo keema biasa mempunyai kandungan irisan kentang rebus yang ditumbuk dan sayuran layaknya wortel. Bumbunya yang tergolong sederhana, layaknya garam, merica, dan bawang bombay, memberinya rasa asin dan pedas yang menggugah selera.

4. Kebab Seekh

Olahan berasal dari daging sapi di Pakistan pun dapat kamu temukan di dalam wujud hidangan bernama seekh kebab. Meskipun demikian, makanan khas Pakistan ini tampilannya lebih menyerupai sate yang besar dan panjang, ketimbang kebab terhadap umumnya.

Daging sapi yang cocok untuk kebab seekh ini dapat berwujud sosis sapi bratwurst, daging giling, atau tenderloin. Adapun bahan umpama bawang bombay, cabai hijau, dan daun ketumbar sebagai isian daging sapi sebelum akan kamu panggang di oven.

5. Roti Gulung

Jika di Indonesia, roti gulung membawa topping umpama coklat meses dan keju parut, tetapi roti gulung asal Pakistan berisi daging sapi dan ayam. Meskipun begitu, ada terhitung roti gulung Pakistan yang punyai isian selai coklat, mayonnaise, atau susu.

Selain baking powder, tepung terigu, dan gula pasir, camilan ini butuh kulit kebab sebagai pelapisnya. Supaya adonan roti tersebut mulai lebih nikmat lagi, butuh paling sedikit 100 mililiter susu sapi sebelum akan dimasukkan ke oven.

Baca Juga: https://apacheburgerbar.com/10-makanan-indonesia-dengan-rating-terburuk-menurut-taste-atlas/

6. Biryani

Kalau di Arab Saudi, mereka punyai hidangan nasi kebuli, saat Pakistan punyai nasi biryani. Ya, hidangan ini manfaatkan beras basmati sebagai bahan bakunya, disempurnakan rempah-rempah layaknya jahe, bumbu kari, dan bawang putih.

Bahan pelengkap yang cocok untuk nasi biryani ini adalah daging ayam goreng atau sapi panggang. Kamu terhitung dapat menambahkan irisan lemon, bawang bombay, atau tomat, agar nampak lebih sedap di mata penikmatnya.

7. Kebab Ghilafi

Pakistan punyai bermacam-macam resep kebab yang kudu kamu cobalah saat berwisata ke negara itu, contohnya kebab ghilafi. Makanan khas Pakistan ini sama bersama sate dan sering ada terhadap bulan Ramadhan untuk berbuka puasa.