Makanan Khas Turki yang Siap Menggoyang Lidah

Dikala berdialog seputar Turki, penting untuk dicatat bahwa negara ini memiliki sejumlah makanan khas yang sangat dipengaruhi oleh cita rasa Mediterania dan Timur Tengah. Itulah kenapa, Turki sanggup menjadikan berbagai hidangan lezat dengan rasa unik dan otentik yang pasti membikin segala orang berselera untuk menikmatinya.

Fakta Seputar Negara Turki

Tahukah kau, kalau Turki yaitu semenanjung besar yang menjembatani benua Eropa dan Asia. Negara yang berlokasi di titik Koordinat geografis 39°00′N 35°00′E ini dikelilingi oleh Laut Hitam, Laut Mediterania, dan Laut Aegea. Itulah agen sbobet sebabnya, sebagian besar kawasan Negara Turki didominasi oleh pegunungan, sementara eksistensi dataran rendah di sana hanya terbatas pada pinggiran pantai.

Pada tahun 2018, Turki menduduki peringkat ke-6 dengan tujuan wisata paling banyak disukai secara global. Hal tersebut menandakan kalau pariwisata di Turki sangat populer dan memiliki tenaga tarik tersendiri bagi para pelancong. Salah satu tujuan wisata paling top di Turki yaitu Kota Istanbul, di mana pada tahun 2019, sekitar ≥15 juta pelancong atau terhitung sekitar 33% pelancong asing memilih mengunjungi Istanbul.

Makanan Khas Negara Turki yang Rasanya Lezat

Tiap negara di dunia, bisa dipastikan mereka memiliki makanan khasnya masing-masing dengan cita rasanya yang disesuaikan dengan lidah penduduk setempat, seperti Turki seumpama. Selama ini, Turki dianggap sebagai salah satu negara yang memiliki segudang kuliner lezat yang sayang banget kalau nggak dicicipi dikala bertamasya ke sana. Berikut yaitu daftar makanan khas Turki yang seharusnya dicoba!

  1. Doner Kebab

Seandainya untuk makanan khas Turki yang satu ini, mungkin Blibli Friends sudah nggak asing lagi, atau pun sudah tak jarang memakannya? Doner Kebab yaitu hidangan Turki yang terbuat dari daging yang dimasak di atas spit vertikal. Tipe Doner Kebab yang paling awam yaitu terbuat dari daging domba, sapi, atau ayam. Biasanya makanan ini diberi tahu dengan balutan roti pita, sayuran, dan aneka saus.

Seandainya dari segi cita rasa, Doner Kebab nggak perlu diragukan lagi, karena makanan khas Turki yang satu ini yaitu hidangan paling familiar dan terpopuler karena bumbu rempahnya yang enak dan wangi, pun Doner Kebab juga sudah banyak dipasarkan di Indonesia. Sebaiknya, makanan pesat saji ini akan lebih lezat dan gurih dikala dimakan selagi masih panas dan perut sedang keroncongan.

  1. Gozleme

Makanan khas Turki berikutnya yaitu Gozleme. Gozleme tergolong ke dalam jenis makanan tradisional Turki yang terbuat dari adonan roti pipih yang diisi dengan keju, daging, atau sayuran, kemudian roti akan digulung dan dimasak di atas wajan. Gozleme bisa dimakan selagi masih panas ataupun dingin dan tak jarang diberi tahu sebagai camilan atau bisa juga diciptakan makanan berat.

Perlu kau kenal, bahwa Goezleme ini penyajiannya hampir mirip dengan martabak telor di Indonesia, melainkan isian daging Gozleme lebih banyak. Makanan ini bisa dijumpai di berbagai resto Turki atau stan kuliner di sana. Menariknya, kau bisa memilih untuk dine in atau dibungkus untuk dibawa pulang kalau mau menikmatinya sebagai makan siangmu bersama keluarga atau teman-teman.

  1. Baklava

Siapa nih di antara Blibli Friends yang menyenangi makan makanan manis? Nah, Baklava ini bisa jadi saran yang seharusnya banget kau coba dikala bertamasya ke Turki. Baklava yaitu sejenis makanan dessert khas Turki yang sangat populer dan sayang banget kalau dilewatkan. Manis manis ini diciptakan dengan lapisan adonan filo dengan isian kacang cincang dan madu, lalu dipanggang sampai berwarna cokelat keemasan.

Rasanya yang manis legit, renyah, dan crunchy menjadikan cita rasa unik. Biasanya, isian kacang yang paling awam dipakai yaitu dari jenis pistachio, kenari, dan almond. Sementara itu, cara memakannya bisa dicelupkan ke dalam madu atau kalau kau kurang menyenangi manis, dimakan langsung juga bisa, karena rasa kuenya juga akan nggak berubah dan siap menggoyang lidahmu.

  1. Simits

Seperti dikenal, kalau Negara Turki ini memang identik dengan makanan khasnya yang berupa roti-rotian, salah satu di antaranya Simits. Simits yaitu roti khas Turki yang berbentuk bulat dan memiliki diameter sekitar 10 cm. Bagian luarnya bertekstur keras, walaupun terasa lembut di bagian dalam yang dilapisi susu karamel disela-selanya, sementara untuk rasanya agak mirip dengan roti bagel.

Makanan Simits sangat mudah ditemukan di sekitaran kios roti yang berada di Istanbul, tepatnya di sudut jalan atau pasar dengan harga sekitar 1 Dolar saja. Tapi, roti Simits memiliki tekstur dan bentuk yang berbeda-beda untuk tiap kota di Turki, melainkan yang paling awam formatnya bulat melingkar dan di bagian atasnya diberi taburan wijen.

Simits juga tak jarang dikonsumsi sehari-hari sebagai menu sarapan yang diberi tahu dengan mentega, madu, keju, biber salami atau pasta tomat pedas, dan selai aprikot, melainkan akan lebih enak kalau ada secangkir teh yang mengantarnya.