Menyusuri Jejak Masakan Timlo Solo yang Jadi Salah Satu Menu Favorit Presiden Jokowi

menjadi salah satu kuliner yang seharusnya dicoba dikala mengunjungi Solo, Jawa Tengah. Rasanya tidak lengkap jikalau tidak mencicipi semangkuk timlo hangat di kota kelahiran Presiden Joko Widodo.

Sekilas, makanan berkuah khas Solo ini mirip seperti perpaduan sup dan juga semur. Keberdaan timlo timbul jauh sebelum Indonesia merdeka.

Dikutip dari berjenis-jenis sumber, sebelum timlo berkembang menjadi kuliner khas Solo, masyarakat Solo terpenting dulu mengetahui kimlo pada abad ke-19. Kimlo merupakan makanan yang berasal dari Tiongkok.

Kimlo merupakan sup dengan mahjong ways 3 beberapa lauk di dalamnya. Para pedagang asal Tiongkok dan keturunannya menjual kimlo dengan harga yang cukup relatif murah.

Kimlo dijajakan dengan menerapkan pikulan dan berkeliling disekitar wilayah pecinan Solo. Sedang para pembelinya makan berjongkok sambil berbincang.

Pada awal absensinya kimlo menerapkan daging babi, seiring dengan waktu kuliner ini menyesuaikan dengan masyarakat setempat terpenting sekitar Keraton Surakarta dan mengganti daging babi di dalamnya.

Kemudian kimlo tanpa daging babi ini disajikan sebagai timlo oleh masyarakat Solo. Dikala ini olahan kuliner Solo ini sudah berkembang dengan jenis komposisi seperti irisan ati ampela ayam, irisan dadar gulung, irisan sosis solo, bihun dan suwiran ayam goreng.

Timlo Solo mempunyai rasa gurih dan segar seperti soto, melainkan juga terdapat cita rasa sup di dalamnya. Bagi beberapa orang menyebutkan bahwa timlo merupakan gabungan rasa soto dan sup.

Timlo Sastro
Salah satu rumah makan yang terkenal dengan sajian Timlo yang nikmat dan legendaris merupakan Timlo Sastro. Timlo Sastro berlokasi di Jalan. Abdul Muis No.32A, Kepatihan Kulon, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Rumah makan timlo kegemaran Presiden Joko Widodo ini sudah mulai berjualan sejak 1952. Dikala tiba di dalam rumah makan ini, para pengunjung akan disajikan menu yang bisa dipilih.

Menu timlo lengkap menjadi primadona di tempat hal yang demikian. Timlo lengkap berisi telur pindang, sosis solo, hati dan ampela ayam, serta kuah.

Kecuali itu, pembeli juga bisa menambah nasi putih sebagai komplemen. Harga menu yang disajikan malah berjenis-jenis.

Satu porsi timlo lengkap dibanderol Rp 23.000, meski menu timlo dengan isian tidak lengkap mulai Rp 9.000 sampai Rp 17.000. Untuk tambahan sepiring nasi hangat dengan taburan bawang merah goreng yang renyah dibanderol Rp 5.000.