bookmark_border10 Gudeg Enak di Jogja, Ada yang Buka Sampai Subuh!

Berbahan gori dengan sebutan lain nangka muda, gudeg menjadi santapan populer dan legendaris kota Jogja. Kamu pun sanggup menjumpainya bersama dengan gampang di setiap sudut kota. Pantas aja Jogja disebut sebagai Kota Gudeg saking banyaknya penjaja gudeg.

Meski sama-sama menjajakan gudeg, masing-masing penjaja miliki pelanggan setia lho. Pasalnya, tiap penjaja menyajikan gudeg bersama dengan citarasa khas agar tidak tersedia gudeg yang rasanya sama persis.

Jam buka penjual gudeg pun beragam, tersedia yang membuka pagi, tersedia terhitung yang membuka malam sampe subuh! Lalu, mana aja gudeg sedap di Jogja?

1. Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Jalan Wijilan di kawasan Keraton Jogja dikenal sebagai sentra gudeg. Di selama jalur ini deretan penjaja gudeg siap menjamu para tamu yang kelaparan atau mencari oleh-oleh dibawa pulang.

Salah satunya adalah Gudeg Yu Djum bersama dengan resep asli warisan keluarga. Gudeg Yu Djum masuk kelompok gudeg kering bercitarasa legit, dan berpadu prima bersama dengan krecek pedas dan juga aneka lauk pendamping. Kalau dibawa pulang, gudeg dapat dibungkus di dalam besek maupun kendil. Penting banget nih agar aroma gudeg tetap awet!

Jam buka: Pukul 07.00 – 21.00

Lokasi: Jl. Wijilan No. 167, Panembahan, Kraton

2. Gudeg Bu Djuminten

Tau nggak, ternyata Gudeg Bu Djuminten telah dirintis sejak 1926! Menempati rumah lawas bersama dengan nuansa Jawa yang kental, membawa dampak acara bersantap di sini merasa penuh nostalgia.

Gudeg Bu Djuminten terhitung gudeg basah, disediakan bersama dengan sambal krecek dan kacang tolo yang pedas. Arehnya merasa gurih, mengimbangi gori yang manis dan empuk. Kamu pun sanggup memesan nasi gudeg di dalam boks atau kendil untuk dibawa pulang. Gudeg Bu Djuminten emang menjadi tidak benar satu spesialis gudeg kendil yang kudu dicoba lho.

Jam buka: Pukul 08.00 – 20.00

Lokasi: Jl. Asem Gede No. 14, Cokrodiningratan, Jetis

3. Gudeg Bu Sri

Satu lagi penjaja gudeg basah yang menjadi favorit warga Jogja, yakni Gudeg Bu Sri. Hadir sejak tahun 1988, varian gudeg basah Bu Sri segera mengambil hati para pengagum gudeg.

Gudeg basah resep turun temurun Bu Sri dikenal miliki ciri khas kuah encer dan krecek empuk yang bikin nagih. Perpaduan rasa manis dan gurih yang pas membuatnya prima untuk disantap selama hari.

Kamu sanggup pesan nasi gudeg komplit bersama dengan lauk favorit, seperti telur, daging ayam, ati rempela, hingga ceker dan kepala ayam. Untuk dijadikan oleh-oleh, gudeg sanggup dikemas besek atau kendil bersama dengan isikan cocok pilihanmu.

Jam buka: Pukul 06.00 – 23.00

Lokasi: Jl. Wates KM 2, Kadipiro, Kasihan, Bantul

4. Gudeg Wijilan Bu Lies

Gudeg Wijilan Bu Lies adalah tidak benar satu gudeg sedap dan populer Jogja yang kudu dicoba. Kalau kamu suka gudeg yang nggak begitu manis dan kering, Gudeg Bu Lies pilihan tepat.

Merintis bisnis sejak tahun 1994, Gudeg Bu Lies miliki citarasa gudeg yang gurih, tidak semanis gudeg lain. Apalagi, saat disantap bersama dengan sambal krecek pedas dan areh gurih, jadi maknyuss!

Satu lagi, Gudeg Wijilan Bu Lies terhitung miliki gudeg kaleng lho. Sudah diproduksi sejak tahun 2011, Gudeg Bu Lies versi kaleng miliki lebih dari satu varian, seperti gudeg mercon, gudeg telur dan tahu, dan juga krecek. Cocok nih bikin oleh-oleh perantau di negeri seberang!

Jam buka: 24 jam

Lokasi: Jl. Wijilan No. 5, Panembahan, Kraton

Baca juga:

Resep Soto Tangkar Khas Betawi Yang Gurih Dan Segar

Resep Bumbu Rendang Daging yang Sederhana dan Mudah Dibuat

5. Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad

Buat kamu yang menginap di lebih kurang Kampus UGM, beli gudeg nggak usah jauh-jauh ke Wijilan. Ada Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad yang menyediakan area nyaman untuk bersantap sekaligus cocok dijadikan oleh-oleh.

Gudeg Mbarek kerap menjadi obyek para penyuka gudeg gurih. Berbeda bersama dengan citarasa legit yang persis bersama dengan gudeg, gori racikan Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad merasa gurih, sedikit kenyal, dan juicy. Makin sip jikalau disempurnakan sambal krecek sebagai penyeimbang rasa dan memperkaya tekstur di dalam satu suapan.

Oya, kamu terhitung sanggup menjumpai gudeg kaleng di sini. Ada tiga varian, yakni Gudeg Telur Suwir, Telur Tahu, dan Krecek.

Jam buka: Pukul 05.30 – 22.00

Lokasi: Jl. Kaliurang KM 4,5 Blok CT3 No. 5, Kocoran, Caturtunggal

6. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk telah meramaikan pasar gudeg sedap di Jogja dari tahun 1984. Konon, nama Tekluk berasal dari formalitas sang penjaja yang kerap terkantuk-kantuk dan kepalanya tertunduk berkali-kali saat jualan di malam hari.

Gudeg basah menjadi ciri khas Gudeg Bromo. Dimakan begitu aja telah sedap dan jadi prima saat disantap bersama dengan aneka lauk. Pilihannya beragam, seperti ayam suwir, potongan ayam, telur bacem, dan juga tempe dan tahu.

Oya, sambel krecek gudeg ini kenakan kulit kerbau alih-alih kulit sapi. Ini membuahkan tekstur krecek yang kenyal dan nggak gampang hancur saat dimasak.

Jam buka: Pukul 23.00 – 05.00

Lokasi: Jl. Affandi No. 2-A, Santren, Caturtunggal

7. Gudeg Mercon Bu Tinah

Rasa pedas Gudeg Mercon Bu Tinah menyadari bukan sembarang pedas. Bahkan, kamu hampir nggak sanggup ngitung satu per satu kuantitas irisan cabai hijau dan merah di dalam seporsi gudeg mercon.

Lapak Gudeg Mercon Bu Tinah terbilang nggak besar bersama dengan style jualan ala lesehan di pinggir jalan. Namun, jangan tanya antreannya, sanggup mengular panjang! Nggak tersedia area spesifik bikin makan, kamu bisa ngemper di trotoar atau makan di mobil. Tapi soal rasa, joss banget! Pedasnya another level sih, and tersedia aneka lauk bikin rekan makan gudeg. Mulai dari potongan ayam, telur, hingga aneka sate yang gurih.

Jam buka: Pukul 21.00 – 01.00

Lokasi: Jl. Asem Gede No. 8, Cokrodiningratan, Jetis

8. Gudeg Permata

Gudeg malam yang terhitung legendaris adalah Gudeg Permata. Dinamakan demikianlah sebab sesungguhnya wilayah jualannya dekat Bioskop Permata dan nama itu pun dicetuskan pelanggan.

Gudeg Bu Pujo adalah nama asli Gudeg Permata. Namun, nama apa pun sama-sama sanggup menggambarkan lezatnya gudeg basah andalan Gudeg Permata. Areh gurih bersama dengan sambal goreng krecek berkuah sanggup menyeimbangkan rasa manis nangka muda. Kamu sanggup beri tambahan lauk favorit, seperti potongan ayam, tahu, ceker, hingga telur bebek. Bikin kenyang deh!

Jam buka: Pukul 20.00 – 01.00

Lokasi: Jl. Gajah Mada No. 2, Gunungketur, Pakualaman

9. Gudeg Pawon

Sesuai namanya, warung gudeg ini mengharuskan kamu turun ke dapur, atau pawon dalam bhs Jawa. Dari dapur rumah, gudeg ini disediakan pada tiap pelanggan yang mengantre panjang tiap malam.

Gudeg Pawon baru menyandang namanya sejak tahun 2000, namun sang penjaja Ibu Prapto Widarso telah berjualan gudeg sejak 1958 dan berpindah-pindah tempat. Karena pelanggannya kerap menyusul ke rumah jikalau Bu Prapto belum buka, jadilah ia berjualan di rumah saja.

Pak Sumarwanto meneruskan bisnis ibunya bersama dengan memegang resep yang sama. Gudeg Pawon adalah tipikal gudeg basah dan tidak legit. Arehnya banyak dan encer, kemanisan gori pun sanggup ditoleransi. Datang awal ya, sebab gudeg ini cuma membuka 3 jam!

Jam buka: Pukul 17.30 – 20.30

Lokasi: Jl. Prof. DR. Soepomo Sh UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo

10. Gudeg Manggar Ibu Jumilan

Gudeg sedap di Jogja yang paling akhir adalah Gudeg Manggar Ibu Jumilan. Makanan ini terhitung langka lho sebab memanfaatkan bunga kelapa yang tetap muda sebagai bahan utama.

Di Gudeg Manggar Ibu Jumilan, kamu sanggup menikmati lezatnya gudeg dari putik bunga kelapa yang dimasak berjam-jam bersama dengan bumbu dan santan. Rasanya ya seperti gudeg, namun cenderung lebih gurih dan tidak semanis gudeg nangka. Apalagi, saat disantap bareng ayam suwir, tekstur makanannya jadi meriah! Di sini terhitung tersedia mangut lele yang pedas gurih. Sekalian cobain ya!

Jam buka: Pukul 06.00 – 15.00

Lokasi: Jl. Srandakan KM 8, Jl. Kp. Bendo Mangiran, Puluhan Kidul, Bantu