Teater Keong Mas Kini Menjadi Sarana Rekreasi dan Tamasya Istiadat Hari ini

Gedung Teater Imax Keong Mas di Taman Miniatur Indonesia Indah (TMII) Jakarta, yakni gedung teater berbentuk keong mas raksasa daerah pemutaran dan pertunjukan film khusus berteknologi canggih.

Menurut keterangan pihak Pengelola Teater Imax Keong Mas TMII, Gedung teater ini didirikan 40 tahun silam atas prakarsa Ibu Tien Soeharto, dan dilegalkan menjelang peringatan Hari R.A.Kartini tanggal 20 April 1984.

Pendirian gedung teater ini dialamatkan sebagai sarana rekreasi yang mendidik, guna mengenalkan kekayaan alam dan budaya Indonesia via tayangan film raksasa dengan mengaplikasikan kecanggihan teknologi sinematografi modem Proyektor IMAX.

Menyaksikan film di teater slot pakai qris ini kita merasa ikut berada di dalamnya dan seolah ikut berperan sebagai pemain. Teknologi film imax menunjukan kecanggihan dan kesanggupannya untuk menumbulkan tenaga tarik kuat yang membikin penonton berdecak terpukau.

Beberapa film tersedia untuk diputar antara lain film Indonesia Indah I, Indonesia Indah II (Si-Si Indonesia), Indonesia Indah III (Indonesia Untaian Manikam di Katulistiwa), dan Indonesia Indah IV (Aku Berbangga Menjadi Si Indonesia). Semuanya menjunjukan keindahan lingkungan, kekayaan alam dan keragaman budaya Indonesia.

Sementara itu, dalam perkembangannya pemutaran film tak hanya menonjolkan film-film seri Indonesia Indah saja, tetapi juga diselingi dengan memutar film-film import yang bernuansa pengajaran dengan tema-tema hiburan, ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun tema-tema lingkungan hidup.

Sejak tahun 1984 telah memutar film import sebanyak 20 judul film dengan masa sewa 1 sampai 2 tahun. Film-film import itu antara lain : To Fly, Speed, Blue Planet, The Living Sea, Forces of Nature, T-Rex, The First Emperor of China, Island Adventure, dan Mistic India.

Kemudian tahun 2004, teater ini cakap meng-upgrade cara, dan sekalian memutar film IMAX DRM (Digital Re-Mastering) yakni teknologi revolusioner yang memungkinkan transfer film laga bentuk 35mm ke dalam IMAX Experience 70mm.

Dengan kualitas tampilan dan suara yang luar biasa perusahaan IMAX kini cakap memperluas upayanya melebihi film animasi mencakup film laga, sehingga memungkinkan film-film Hollywood diganda ulang secara digital.

Umpamanya fim berjudul harry Potter and Prizoner of Azkaban dan Spiderman 2 bisa diputar teater-teater IMAX di semua dunia dalam layar raksasa dengan jam tayang 1 sampai 2,5 jam.