7 Tips dan Manfaat Memilih Makanan yang Sehat dan Bergizi

Makanan menyediakan nutrisi serta energi yang di butuhkan oleh semua orang untuk melakukan berbagai aktivitas pada kesehariannya. Makan link sbobet dengan terlalu banyak kalori bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Tetapi, jika kalori yang di dapatkan kurang, maka kesehatan dalam tubuh juga bisa terganggu.

Memilih makanan baiknya bukan hanya mempertimbangkan rasanya saja. Tetapi nutrisi juga menjadi bagian yang penting yang harus di perhatikan. Makanan yang sehat dan bergizi sangat di perlukan untuk pertumbuhan serta perkembangan. Selain itu juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Memilih makanan yang bergizi tentu saja tak bisa sembarangan. Kita juga butuh kewaspadaan. Nah, lalu bagaimana sih cara memilih makanan yang sehat dan bergizi? Yuk simak di bawah.

1.Minum Banyak Air

Pastikan kalian mengonsumsi setidaknya delapan gelas air putih per hari. kekurangan air bisa menyebabkan dehidrasi serta gangguan proses metabolisme. Ini merupakan awal dari masalah kesehatan dalam tubuh.

2.Komposisi Nutrisi

Pastikan semua makanan yang akan di konsumsi memiliki kandungan semua nutrisi yang tubuh butuhkan. Misalnya karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan juga air. Perbanyaklah konsumsi sayur dan juga buah segar. Lalu lengkapi juga dengan susu.

3.Pengolahan yang Higienis

Pastikan makanan yang kalian makan tetap bersih. Baik dari proses pengolahan hingga penyajian. Begitu pula saat kalian memutuskan untuk makan di luar rumah. Pilih restoran yang menjaga kebersihan lingkungannya dan yang ingin menyimpan makanan yang disajikan dengan baik. Begitu pula saat disajikan. Pastikan tidak ada lalat.

4.Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

Antioksidan memiliki fungsi sebagai penangkal racun dan radikal bebas yang bisa merusak kesehatan tubuh kalian. Pilihlah makanan yang punya kandungan antioksidan alami. Misalnya seperti sayuran hijau dan buah – buahan. Sayuran seperti bayam, brokoli, kangkung, dan buah – buahan berwarna seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan melon sangat di anjurkan.

5.Batasi Kandungan Lemak

Kelebihan lemak di dalam tubuh bisa menghambat proses metabolisme dalam tubuh serta menyebabkan obesitas. Tetapi, tetap di butuhkan lemak tubuh sebagai sumber energi. Itulah kenapa, supaya kadarnya tak berlebihan, jumlah asupannya juga harus di batasi.

Kalian bisa menyeimbangkannya dengan melakukan olahraga teratur. Olahraga ringan yang di lakukan secara teratur bisa membantu membakar lemak tubuh yang tak di inginkan. Jadi, tubuh bisa tetap fit dan sehat selama beraktivitas sepanjang hari.

6.Makanan yang Kaya Omega 3

Lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan pikiran. Makanan yang kaya omega 3 seperti ikan, sayuran hijau, kenari, telur, dan sayuran hijau.

7.Selektif Memilih Jajanan dan Kurangi Konsumsi Makanan Kaleng dan Diawetkan

Hilangkahlah semua jajanan yang tak sehat dari daftar menu jajanan kalian. Hindari jajanan yang banyak mengandung zat adiktif. Demikian juga dengan minuman bersoda, minuman beralkohol, serta kopi juga harus kalian hindari. Sebagai gantinya, kalian bisa buat sayuran dan buah – buahan segar sebagai pengganti camilan. Seperti salad, jus, puding buah, dan sejenisnya.

Kurangi juga konsumsi makanan kaleng dan di awetkan. Misalnya, daging kaleng dan buah yang diawetkan. Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa. Jika makanan telah berubah warna dan rasa, maka jangan dikonsumsi.

Itulah berbagai tips dan cara supaya kalian bisa memilih makanan yahg sehat dan bergizi yang bisa kalian praktekkan dan pelajari. Semoga bermanfaat ya.