Wisata Alam di Payakumbuh, Banyak Bukit dengan Panorama Menawan

Kota Payakumbuh yakni salah satu kota di Sumatera Barat yang menyimpan banyak potensi liburan alam. Tempat ini dikelilingi oleh dataran tinggi dan pegunungan sehingga mempunyai udara sejuk. Setidaknya, ada tiga gunung besar yang bisa dipandang dari Kota Payakumbuh, yakni Gunung Sago, Gunung Marapi dan Gunung Singgalang.

Sebagian besar liburan alam di Payakumbuh spaceman slot berupa perbukitan yang menawarkan panorama indah. Arah.com merangkum liburan alam di Payakumbuh yang familiar sebagai berikut:

Wisata alam di Payakumbuh

  1. Ngalau Menawan

Ngalau Menawan yakni objek liburan andalan Kota Payakumbuh. Destinasi liburan alam ini, berupa gua dan kawasan hutan yang berada di atas bukit dengan ketinggian sekitar 640 mdpl, menginfokannya dari Jadesta Kemenparekraf. Selain panorama indah, Ngalau Menawan menawarkan udara sejuk khas dataran tinggi. Jaraknya dari sentra Kota Payakumbuh sekitar 6 kilometer (km) atau 12 menit berkendara. Di dalam goa, wisatawan bisa menjumpai stalagtit dan stalagmit yang masih asri serta terjaga dengan bagus. Pengunjung bisa menjumpai batu gong yang ikonik karena formatnya kerucut dan berongga menyerupai lonceng di dalam goa.

  1. Puncak Marajo

Puncak Marajo masih berada di kawasan Ngalau Menawan, tepatnya berada di bagian barat. Layak namanya, Puncak Marajo yakni puncak butki yang berada di ketinggian 700 mdpl. Dari lokasi ini, pengunjung bisa menyaksikan hamparan perbukitan serta panorama Kota Payakumbuh dari ketinggian. Puncak Marajo bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 150 meter melewati mulut goa di Ngalau Menawan.

  1. Panorama Ampangan

Obyek liburan ini berada di kaki Gunung Sago. Tepatnya di kawasan Perbukitan Kenagaraian Aur Kuning, Kelurahan Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Dari sentra Kota Payakumbuh, jaraknya sekitar 6 km, yang bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Panorama Ampangan memperkenalkan panorama indah dari puncak bukit.

  1. Puncak Lontiak

Puncak Lontiak yakni objek liburan yang memperkenalkan panorama Kota Payakumbuh dari ketinggian. Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang panorama indah. Puncak Lontiak juga menjadi lokasi lepas landas paralayang. Bagi wisatawan yang menyenangi dengan tantangan dan ingin menguji adrenalin, bisa menjajal paralayang dari Puncak Lontiak ini.

  1. Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram yakni sebuah desa liburan yang menyimpan bermacam-macam destinasi liburan. Letaknya hanya berjarak sekitar 10 km dari Jurang Harau. Memberitakannya dari web Jadesta Kemenparekraf, wisatawan bisa menyaksikan bermacam-macam liburan alam di Kapalo Banda Taram, seperti hutan pinus, air terjun, persawahan, dan sebagainya. Desa liburan ini juga menyediakan aktivitas ekowisata, liburan air, liburan religi, dan liburan adat istiadat bagi pengunjung. Kapalo Banda Taram juga dilengkapi dengan fasilitas homestay seta rumah gadang.